Selasa, 16 September 2008

Knowledge Management and implementation in Ace Chemical

Knowledge Management?

Apaan Tuh?

Bukan makanan atau film baru yang muncul di 21 tentunya..

Based on my source.
Istilah ini muncul atau lebih tepatnya populer di tahun 1995 oleh Nonaka dan Takeuchi yang mulai saat itu menjadi subjek di beberapa universitas dan munculnya jurnal-jurnal professional dan akademis yang membahasnya. Beberapa perusahaan besar sudah mulai banyak mengimplementasikannya.
Jika diartikan secara harfiah KM (Mulai sekarang istilah ini menggantikan istilah Knowledge Management) berarti Manajemen Pengetahuan. KM digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, merepresentasikan, mendistribusikan dan mengadopsi ilmu yang sudah ada atau ilmu baru di suatu perusahaan.
Namun implementasi yang dilakukan haruslah sesuai dengan sistem yang ada di perusahaan atau organisasi.
Contohnya adalah Implementasi yang dilakukan oleh Ace Chemical. Ace belakangan ini menerapkan teknologi TPA. namun sebelum penggabungan Ace dengan TPA terdapat beberapa masalah utama berupa kurangnya knowledge sharing antar departemen terutama bagian R&D dan product management.
Untuk mengatasi masalah ini, CEO membuat pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana KM diaplikasikan untuk mengatasi masalah di Ace.
Berbagai macam langkah instalasi dilakukan mulai dari membuat tim KM, mengaudit keilmuan, melakukan implementasi Blok, pengelompokan ilmu, Gudang Ilmu, dan Editor ilmu.
Keuntungan pun dirasakan seitar tiga minggu setelah mengimplementasikan ini. Efek yang terlihat diantaranya adalah meninkatnya produktivitas dan efisiensi. Hal ini diperoleh karena knowledge sharing yang baik antara semua departemen di Ace.
Setahun setelah implementasi pun banyak perusahaan seperti GeneNow Corp. (sebuah perusahaan yang bergerak di bidang rekayasa genetika) bekerjasama dengan bagian R&D Ace chemical untuk menerapkan sistem KM di sana.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

gua mau cari tau nih.. kira2 buat KM itu implikasinya sulit ga bro?

Yudianto S mengatakan...

Yang jelas dibutuhin persiapan yang matang untuk mengaplikasikannya di suatu perusahaan. Even, lu mesti ngebentuk suatu team yang bertanggungjawab dalam pengimplementasiannya terkait kesiapan dari semua lini perusahaan lu..