Selasa, 16 September 2008

IT vs IS

Terkadang untuk beberapa orang, IT dan IS merupakan dua hal yang sering dianggap sama.
Padahal kalau anda mengetik kata tersebut di mesin pencari kata seperti wikipedia akan muncul dua pengertian yang berbeda.
IT atau Teknologi informasi didefinisikan sebagai ilmu, desain, pengembangan, implementasi, pendukung atau manajemen komputer berdasarkan sistem informasi, diantaranya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras komputer (ITAA). IT berhubungan dengan penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk berbagai proses.
IS atau Sistem Informasi adalah Sistem yang mengatur pencataatan database, semua pengolahan informasi dan data dalam sebuah organisasi baik secara manual maupun automatis. Biasanya IS digunakan untuk aplikasi bisnis karena kelebihannya dalam memproses dan mengembangkan solusi bisnis.
Jadi, Sistem Informasi terlibat dalam hal-hal yang bersifat pengelolaan data dan informasi. Adapun IT disini merupakan tools yang bisa membantu IS dalam pengelolaan data. Sistem informasi yang menggunakan Teknologi Informasi sebagai basis pengolahan data dikemal juga sebagai CIS (Computer Information System) atau MIS (Management Information System).

1 komentar:

Monica Nur mengatakan...

rangakaian kata-katanya simpel dan mudah dimengerti..
pokoknya TOP deh